Daily

Kanan atau Kiri?


Pernah denger kalimat “why men don’t listen and women can’t read map”? Nggak, gue bukan mau ngebahas hubungan pria-wanita kok. Tapi bagian ‘woman can’t read map’-nya itu GUE banget :lol:.

Entah kenapa, gue bermasalah banget sama arah. Forget about arah mata angin, kanan kiri aja gue sering kebalik!!! Sebenernya bukannya gue gak bisa bedain kanan kiri. Gue tau mana kanan & mana kiri. Tapi kalo lagi ngomong *apalagi kalo buru-buru*, otak sama mulut gue seringnya gak sinkron…BANGET.

Jaman-jamannya gue sama SN masih pacaran, urusan kanan-kiri ini sering banget bikin kita berdua nyolot-nyolotan. Ya udah jelas sih, gue yang nyolot. Well, udah salah, nyolot pula, hoahahahahahha. Kalo kita pergi, biasanya naek mobil atau motor. Kalo mobil, bisa gue yang nyetir, atau SN yang nyetir. Tapi kalo motor, gue praktis jadi yang mbonceng. Bisa njeblag kebelakang motornya kalo SN yang dibonceng, aiahahahahahah.

Dan cencunyaaaah…berbagai miskomunikasi urusan kanan-kiri ini pun jadi ikrib sama kita berdua.

Image from here

Scene #1: Di mobil, SN nyetir
SN: Eh, Jank, dideket sini ada GOR. Lumayan bagus sih…tuh disebelah kanan
GW: *mepetin muka ke jendela samping gue* Mana? Gak ada GOR…
SN: Adaaaa…itu gede begitu. Rame, banyak orang olahraga
GW: Mana sih…gak adaaaaa…adanya sekolahan doang! *tiba-tiba ‘JEDUUUK’, muka gue kepentok kaca jendela*. Kenapa lu toyor gue sik!!!
SN: gue bilang kan KANAAAAN!!!
GW: YA INI KAN…
SN: APA…
GW: Ini kiri yah…kanan mana? oh, situ yah *sambil nunjuk kearah yang bener*
SN: Capeeee deeeeeh *iye…waktu itu istilah ini masih heiiitz banget bok! :lol:*

Scene #2: SN nyetir, di daerah antah-berantah
SN: Jank, liatin di peta dong, kalo mo ke A dari sini lewat mana.
GW: Ini kita dimana?
SN: Di B…
GW: Okeh….bentar…*bolak-balik peta*. Mo kemana tadi? Ke A yah. Salah arah. Puter balik.
SN: Yakin lu? *muter balik*, trus kemana?
Gw: Lurus aja…ntar dikiri ada gedung X, trus ruko trus ada belokan, nah belok situ.
SN: Lah ini gedung Xnya di kanan…
GW: Masa sih? di peta harusnya dikiri…
SN: Ruko-rukonya juga tadi dah lewat, sebelom gedung X.
GW: Eh? kok beda?
SN: *minggirin mobil* Lu baca petanya gimana sih? *ngeliatin peta di tangan gue*
GW: Tadi kan kita disini *nunjuk point B* trus lu bilang mo ke A, nah A adanya di bawah *bagian bawah peta maksudnya* Makanya tadi gue bilang puter balik!
SN: *ngerebut peta* Halah BUSEEEET!!! Yang tadi itu arahnya udah beneeeer!!! Tadi kita lewatin gedung X, trus ruko-ruko. Kenapa lu suruh gue puter baliiik.
GW: DI PETA A ITU ADANYA DIBAWAH…KITA DI B, DIATASNYA A…BERARTI KAN PUTER BALIK!!! *ngotot*
SN: *menatap gue dengan tatapan nista* LAEN KALI PETANYA YANG LU PUTER!!!
GW: … *tetep nggak ngerti salahnya dimana*

*abis itu SN puter balik lagi, dan gue disuruh muter petanya bawah jadi atas…dan YES, kita sampe ditujuan 10 menit kemudian :lol:*

Scene #3, SN nyetir motor, gue mbonceng
SN: Eh, abis ini kemana nih…
GW: Belok sini…
SN: Sini mana?
GW: Ini SINIIII…*sambil nyorong-nyorongin dagu ke arah kiri, soalnya tangannya kan dipake buat pegangan, hihihihihi*
SN: KANAN apa KIRIIII???
GW: SINIIIIII… *tetep nyorongin dagu ke kiri*
SN: *belok ke kanan*
GW: KOK KESANA!!! Gue kan bilang sini…
SN: Sini mana sih? *suara naek satu oktaf*
GW: Ya sini iniiiii…kan gue udah nyorong-nyorongin dagu nunjukin arahnyaaaa…
SN: LU KATA MATA GUE ADA DI BELAKANG!!!! KANAN APA KIRI, BUKAN NYORONGIN DAGU!!!! *Ngambek sepanjang jalan*

Barusan..
GW: Eh, ini lens hood-nya bukanya kekanan apa kiri sih?
SN: Kiri
GW: *muter ke kiri…* Gak bisa
SN: *ngeliatin gue lagi muter-muter lens hood* Itu ngencengin! Ke kiri…
GW: Ya ini kiri!
SN: Itu KANAAAAAAN…
GW: Emang kiri mana?
SN: Hadeeeeh…pertanyaan gak guna. BEGINI *sambil meragain arah bukanya*
GW: Eh, iya…bisa kebuka nih…
SN: … *Menatap hina*

Gara-gara masalah ini, semua temen-temen gue nggak ada yang pernah mau nanya arah sama gue loh. Even nanya arah kerumah gue pun mereka lebih milih dijelasin sama SN. Karena kalo gue yang jelasin, bukannya nyampe, mereka malah nyasar, hoahahahahha.

30 thoughts on “Kanan atau Kiri?

  1. hahahahaha…. ini sama persis sama aku… kadang kalo lagi nunjukkin jalan, aku lebih sering bilang sini dan sana daripada kanan ato kiri…hahaha.

    dan aku juga ga beres dalam urusan navigasi… uda sering lewatin jalannya, tapi kalo disuruh nunjukkin tetep salah juga…hahahaha.

  2. HAHAHAHA ya amploooop gue banget ini. Suka kebulak balik antara kanan kiri. Iyee, sampe tadi pagi juga masih ke balik. Emang penyakit hampir semua cewek kayaknya. Apalagi kalo lu tinggal di jogja, bisa tambah sutres gegara bahasanya barat timur utara selatan kulon wetan hoeek 😀 *puk puk kita senasib*

  3. Iya gw dah pernah berada dalam posisi seperti SN dengan pelaku utama adalah si Erli a.k.a Ujank dengan mazda biru tua kesayangannya.Dimana si Erlia ini hanya mengandalkan dengkul untuk ngebedain kanan dan kiri.ha..ha..ha

  4. Pertamax…pertamax komen di sini maksudnya…kalo gw sih seringnya mulut ama tangan ga sama (banyakan tangan yang bener). Bilang belok KIRI, tapi tangannya nunjuk kek KANAN, yah begitulah…jd skarang kalo disuruh nunjukin jalan mending gw nunjuk aja drpd ngomong hehehehe…

    1. gue pernah loh, lagi jalan ma sepupu & adek ipar gue. trus gue nunjukin jalan. harusnya itu belok kanan…dan gue dengan pedenya teriak “OKEEEH, DEPAN BELOK KIRIIIIII” tapi tangan nunjuk ke kanan dan gue jalan ke arah kanan. Abislah gue dihina-dina sama mereka, hoahahahahahah

  5. gila ternyata banyak yg sama kek g horeeee,
    ururan kiri-kanan ini g juga parah dan sering berantem ma org2…
    dan kek Katrin, emdingan percaya ma tangan g drpd ma mulut ge hahahaha
    Skrg kalo ada org nanya, kanan apa kiri, g langsung nyoba nulis pake tangan,,,oh sebelah kanan yg ini …baru ngomong deh…kanannnnn…(or kiri)

    1. iye bener na…trust my hand, not my mouth, hahahahahahah. perlu dijadiin trademark tuh kalimat 😆

  6. gw ga terima dibilang “women can’t read map”
    soale kerjaan gw justru berkutat ama hutan gunung sungai tentu aja ama peta2-nya..
    etapi klo miskomunikasi urusan kanan-kiri gegara otak sama mulut sering gak sinkron, itu gw bangeettss…
    salam kenal 🙂

  7. ya ampun erliaa… kocak kok ga abis2.. hahahaha.. kl gw justru kebalik, soalnya sempet pernah dapat predikat “Peta B’Jalan”.. jd walau jarang baca peta, tp lebih gampang hafal jalan drpd rumus matematik.. eh salah hafalan2 sejarah deh tu gw susah ngapal nya.. hahaha..

    tapi, sering nya temen2 cewe gw kaya elo gitu er, cth kasus “Gw: Depan belok Kiri Pink!! Pinky: Kiri Mana?? Gw: Kiri Sini (sambil nunjukin tangan sblh kiri ke kiri) bukan kiri sana (smbl nunjukin tangan kanan ke sebelah kanan” hahahaha… I miss those time, dimana gw jd navigator nya.. bukan jd supir.. hehehe..

    1. “Gw: Kiri Sini (sambil nunjukin tangan sblh kiri ke kiri) bukan kiri sana (smbl nunjukin tangan kanan ke sebelah kanan”

      Hoahahahahah…ini gue banget maaaa…hoahahahahahah

  8. huahahaha gawat tuh… 😛

    btw gak semua cewek gak jago ama direction lho. soalnya esther ama nyokap gua itu jago dalam hal direction.

    gua malah dulu pernah ke HK bareng temen2 dan yang paling jago ngebaca peta tuh temen cewek lho. huahahaha.

    btw soal kanan kiri, ngebayangin sendok garpu aja. kalo tangan yang megang sendok itu kanan… 😀

    btw sori OOT, tolong vote foto Emma dong disini: http://photos.parents.com/category/vote/photo/1283220

    thanks yaaa… 🙂

    1. gara-gara lu masukin link, comment lu jadi masuk spam, hahahahaha. e tapi udah gue vote beberapa kali kok emma-nya. semoga menang!!!!
      beruntunglah elo yang punya istri & nyokap jago arah. nyokap gue juga jago arah…kenapa guenya mblangsak begini yah????

  9. hahaha…
    Etapi teori itu gak selalu benar ah.
    Buktinya kalo di gw dan suami gw, gw justru lebih ke Dora (bisa baca peta dengan baik). Lebih baik dari suami gw maksudnya. Malah suami gw yang susah bedain antara kanan dan kiri. Kalo ditegur, persis kayak dirimu. ” ooh itu kanan ya ?”

  10. HOAHAHAHAHH..!! kalau gw sih soal kanan-kiri & baca peta ga terlalu masalah, asal di jalannya itu ada plang nama jalannya jadi gw tau kalau masih on track.

    tapiiii kalo soal ngapalin rute jalan gw sama sekali ga bisa. misalnya dari A ke B harus lewat mana aja belok dimana dst gw ga bisa inget meskipun gw udah berpuluh-puluh kali kesana.
    jadi kemana-mana prefer disetirin laki gw atau naik angkot tau2 nyampe hahahha.. kalau terpaksa naik taksi kudu bawa print out google map soalnya pernah pak sopirnya ga hapal jalannya dan malah nanya ke gw lewat mana. ya meneketehe secara gw ga apal jalan. jadilah kita nanya2 ke orang2 di pinggir jalan.

    1. Hahahahahah…ok, berarti lu kebalikannya gue. kita kolaborasi aja apa??? ahahahahahahaha. Lah gue kadang udah nanya orang ya…tapi otak gue suka gak mudeng ngingetnya, jadi dia bilang belok kiri, ntar gue beloknya ke kanan…teteeep waaaeeee nyasar!!! hahahahahah

  11. Hehe, saya selalu lupa arah kalo baru sekali ke suatu tempat. Kalo sudah lumayan sering baru deh inget arahnya, mana harus ke kanan mana harus ke kiri

    1. kalo ngingetin tempat sih ga terlalu masalah. nunjuk arahnya itu loooh yang susyeeeeh, hahahaha

  12. Hi “E”, I forgot how I end up reading ur blog., for sure makes me addicted reading all ur story, kayak makan padang yg ada dn ganjanya gitu… To me, great story of life”,, yg pasti bikin aku cekikikan sendiri, terus u share all in the positive way,, Sorry for my mix & match broken English… Heehehee

  13. hahahaha paraaaahhhh!!!
    Ibuku sering salah dia bilang kanan, tapi yang diangkat tangan kiri. Itu krn masalah bahasa. Jadi dia akhirnya pakai bahasa belanda deh. Baru bener!
    TAPI masalahnya kalo yang nyetir kagak ngerti bahasa belanda kan hahahaa

    Untung aku dan kedua anakku jago arah. Sekali lewat pasti bisa lewat situ lagi 😀
    Suamiku juga ngga parah-parah banget, meskipun ingatannya bahwa kita udah pernah lewatin atau belum itu kurang 😀

    1. hahahahaha, sambil nyetir liat kamus belanda, buntut-buntutnya itu belokan malah kelewatan, hahahahah. Kalo untuk belok kemana-nya sih inget mbak…tapi pas ngasih instruksi itu loh yang suka gak sinkron, hahahahah

  14. Hahahaha…aku juga tunjuk tangan ah! Aku juga suka bingung antara kanan dan kiri. Ngomongnya kanan tapi nunjuknya ke kiri, makanya kalo nunjukkin arah ke suami yang lagi nyetir aku lebih suka nunjukkin pake tangan aja ala2 pramugari gitu..hihihi… Parah banget lah pokoknya, dan sedihnya Raja udah sejak belom dua tahun dah lancar ngebedain mana kanan dan kiri sementara mamaknya yang udah lewat seperempat abad masih belom lancar mendeteksi mana kanan dan kiri..hihihi

    1. emang penyakit cewek ya… :lol:. Gue juga seringnya pake tangan. tapi rada repot kalo naek motor ato pas naek taksi & kita duduk dibelakang, hahahahahaha

Leave a comment