Emang Dasar Pikun!

Gue udah pernah cerita disini kalo gue pelupa. Sampe sekarang pun tetep aje pelupa, hahahahhaha.

Yang paling sering kejadian belakangan ini tuh laptop ketinggalan di rumah. Kan kadang gue emang suka bawa balik laptop ke rumah. Either karena masih ada kerjaan yang belom beres, atau karena besokannya mo bolos ‘work from home’. Nah trus besokannya pas ngantor, gue lupa bawa balik laptopnya ke kantor -__-

Pernah sekali gue baru ngeh pas udah nyampe kantor! Untung ada laptop cadangan, tapi leletnya ajegile sampe bikin gue kebelet pup. Pernah juga rencananya SN nganterin gue ke kantor, trus dia balik bawa mobil buat ke Hospital deket rumah. Pas udah setengah jalan ke kantor, dia nanya, “Eh, laptop lu tadi udah dibawa?”. Wakwaaaaaaaaaaw….gue lupa dong, huahahhahahahaah. Akhirnya terpaksa balik lagi dan dia nggak bisa nganter gue karena appointment dia jam 9.30.

Saking gemesnya, dia bilang sama gue, “Makanya, tas laptop tuh taro di deket tas lo, jadi kagak kelupaan!”. Trus ada sekali waktu gue bawa pulang laptop. Supaya gak lupa, SN ngiket tas selempang gue ke tas laptop. Dia mikirnya kalo diiket kan langsung keambil dua-duanya dong….

Well, besokannya….TETEP KETINGGALAN TAS LAPTOPNYA!!! HUAHAHAHAHHAHAH.

Aslik dia sampe gak abis pikir gimana caranya itu tas udah diiket ke tas selempang yang biasa gue bawa kerja, tapi tetep bisa ketinggalan. Trus gue bilang, “Lah iya lo iket, tapi kan pas gue jadi gak bisa pake tas selempang gue. Jadi gue lepasin dulu lah iketannya. Abis itu gue pake tas selempang gue!”. “Trus tas laptopnya? Kan masih deket situ….?”. “Yaaaa….ketinggalan”. “$#@&*%!!! Parah lu! Itu nenen kalo kagak nempel juga ketinggalan kayaknya!”. HUAHAHAHHAHAHAHAHHHAA

Uncategorized

4 Rivers Cycling – Incheon to Busan Day 3: Yangpyeong – Binaesum (69 km)

Kabut tipis masih menyelimuti Yangpyeong waktu kita siap-siap berangkat dari Motel. Pas baru gowes sedikit, eh ada Dunkin Donuts yang udah buka. Jadilah kita sarapan dulu disitu sambil ngeliatin orang-orang lokal pada mulai beraktifitas.

Jam 9 pagi kita baru mulai nyari track 4 Rivers. Gak lama kemudian kita nemu track-nya. Masalahnya, itu track adanya di bawah, sementara kita ada di atas dan harus turun tangga kesitu, hahahahahha. Ajegile pagi-pagi udah disuruh gotong sepeda plus bawaannya. Mana tangganya lumayan curam. Yang lebih kentang lagi, pas lagi nurunin sepeda yang terakhir, ada Ahjumma yang nyamperin kita trus nunjuk-nunjuk ke sepeda kita trus nunjuk ke arah depan. Karena nggak mudeng, kita cengar-cengir aja. Pas kita mulai gowes lagi, kita baru sadar kalo ternyata sekitar 200m dari tempat kita turun itu ada tangga khusus buat sepeda, hahahahahhahaha. ASYEEEEEEM.

Jalur yang kita lewati sih awalnya cukup datar ya, at least sampe sekitar 45 menit ke depan lah. Setelah itu, kita dihadapkan sama beberapa tanjakan yang lumayan curam & panjang sampe kita harus turun dari sepeda dan dorong. Beberapa MTB-ers yang ngelewatin kita pun keliatan kewalahan meski sepedanya unloaded dan udah pake ‘granny gear’, hahhahahahaha. Pemandangan sepanjang jalan sih gak usah ditanya deh ya. Nggak keitung berapa kali kita berdecak kagum ngeliat dedaunan yang mulai berubah warna. Cakep bangeeeeet 😍

Menjelang sore, kaki SN mendadak ngilu dan kita mutusin buat istirahat dulu di Gangcheonseom Island yang kebetulan kita lewatin. Lumayan deh sempet goler-goleran dulu sebelom lanjut gowes lagi.

Tujuan kita kali ini adalah Binaesum. Masalahnya, disitu cuma ada 1-2 penginapan gitu. Kalo seandainya penuh, kita musti lanjut gowes sekitar 10-15km lagi ke kota selanjutnya, hahahhahaha. Sebenernya sih gak jauh ya 10-15km, tapi ya mayan gempor aja setelah nanjak-nanjak sebelomnya kan.

Menjelang Binaesum, SN minta berenti karena laper. Masalahnya kita nggak ada sisa makanan lagi di tas. Adanya cuma mie instant Korea doang. Tetep dimakan loh sama dia, hahahahahha. Kalo mie instant indo kan mie-nya kecil-kecil garing ya. Ini mie Korea tebel-tebel banget dan KERAAAAS! Hahahhahahaha, aslik perjuangan banget ngunyahnya. Kagak lagi-lagi dah gue makan mie Korea mentah.

Kita sampe di Binaesum tepat sebelum gelap. Ternyata cuma ada 1 hotel yang buka. Hotelnya mayan gede tapi keliatan tua gitu. Kita ambil 1 kamar buat ber-4. Kamarnya sih enak, bersih dan lega. Kebetulan mereka punya mesin cuci, jadi kita sempet nyuci baju kotor dulu sebelom makan malam. Pas lagi nunggu cucian, eh SN liat meja pingpong. Macem kurang capek aja yak, kita maen pingpong dong sampe keringetan, hahahahahhaha.

Makan malem kita simple banget. Kita nemu warung jual ayam goreng & beer, alias Chimaek. Pas liat menunya, mereka nggak punya NASI! Trus kita iseng aja tanya, kalo mo nasi bisa gak? Eh beneran disiapin loh (belakangan baru tau kalo bisa beli nasi udah mateng dari convenience store gitu, hahahahahha). Ibunya kayaknya seneng banget liat orang asing, trus makannya lahap. Ya laper maliiiiiiiiiiiih. Sampe dia bolak-balik nawarin mo nambah side dish apa nggak. Kelar makan, kita pesen 1 ekor ayam lagi buat bekal besok. Mendingan siap-siap daripada besok kelaperan di tengah jalan trus musti makan mie kering lagi kan?

It’s a wrap for today. Besok genjot lagi Maaaaaaaaang!

Kanan Apa Kiri?

Salah satu hal yang paling nyebelin di dunia itu adalah….

….dikoreksi pas lo lagi semangat ngomel/nyap-nyap!!

SN itu entah kenapa suka banget salah ngambil jalur jalan. Mo lurus, tapi ambil jalur yang bisa buat belok, atau mo belok tapi ambil jalur lurus. Ujung-ujungnya, kalo nggak nyangkut ya bablas, hahahahahah. Nah gue jadinya suka nyap-nyap kan ke dia. Apalagi kalo pas lagi buru-buru pengen nyampe tujuan.

Kemaren ini kita salah jalur lagi gara-gara SN pindah jalur, padahal sebelomnya jalur dia itu udah bener! Seperti biasa gue nyap-nyap dong….

ER: Ya lagian sih, udah tau mo belok kiri, lo malah ke kanan-kanan. Udah bener kan tadi di ki…..

SN: *motong omongan gue* KANAN!

ER: Hah?

SN: Ngomel aja salah! Kita mo ke KANAN. Sekarang ini kita di KIRI! Kanan-kiri aja bingung, pake ngomel urusan arah…

Abis itu gue diketawain abis-abis sama dia. Ya emang sih, gue suka bingung kanan sama kiri, huahahahahhaha. Tapi pas lagi marah-marah trus dikoreksi itu kan kentang bener, hahahhaahha. Rasanya pengen gue tendang keluar mobil dah laki gue…. -__-

Uncategorized

4 Rivers Cycling – Incheon to Busan Day 2: Seoul – Yangpyeong (69 km)

Setelah malam sebelumnya gagal ngirim barang, di hari ke-2 sepedaan ini kita mampir dulu ke kantor pos. Untungnya ada kantor pos di deket penginapan kita. Sampai di sana, kita berusaha jelasin kalo kita mau kirim barang-barang kita ke hotel di Busan. Dengan kecanggihan google translate dan kebaikan Ahjumma security yang berbaik hati nelponin hotel kita di Busan, akhirnya semua urusan beres dan kita cukup bayar sekitar 11 dolar aja buat 1 box gede dengan berat 10 kg-an.

YAAAAAAAAAAY….time to roll!!!

Kita balik ke guest house untuk sarapan dan pamitan sama pemilik motel plus Kami (anjing di guest house :D). Tujuan kita hari ini adalah Yangpyeong, sekitar 69 km dari Seoul. Dari hasil baca-baca sih katanya jalur hari ini sebagian besar datar.

Gwangnaru Certification Point

Di awal perjalanan kita masih ketemu sama banyak cyclist dan sempet ngobrol sama satu couple pas lagi istirahat di toko kecil semacem 7-11 deket Gwangnaru Certification Point. Mereka ngasih tau kita kalo gak jauh dari tempat kita istirahat ini bakal ada satu jembatan penyebrangan, dan itu lumayan tinggi.

WOKEH!!!

Pas ngeliat sih kayaknya oke-oke aja ya. Begitu mulai nanjak…MAK, berat yak! Hahahahah. Lupa kalo ada gembolan dibelakang! Begitu udah setengah jalan, udah pake gigi paling kecil juga udah nyaris gak bisa maju, huahahahahahahah. Kamfrehete. Langsung turun dan dorong sampe atas. Yang paling kasian mah Mbak Nuk. Dorong ke atas aja dese kagak kuat, 😆 . Akhirnya Mas Edi dorong sepeda 2 rit deh. Udah kayak angkot, huahahahahahha.

Untungnya abis tanjakan ini beneran udah gak ada tanjakan lagi. Nggak lama abis tanjakan, kita ngerasa kalo suasananya mulai beda. Gedung-gedung tinggi mulai ilang dan diganti sama pepohonan. Cyclist juga semakin jarang. Sesekali kita berhenti buat foto-foto, makan (penting!) atau sekedar ngelemesin pantat yang kebas, hahahahahaha.

Sepanjang rute Seoul – Yangyeong ini ada 4 certification point yang kita lewatin, Ttukseom, Gwangnaru, Neungnae & Yangpyeong. Semua lokasinya sesuai titik yang udah gue pinpoint di Naver map, kecuali Yangpyeong. Ini sempet bikin kita celingukan sambil gowes karena udah lewat titiknya tapi boothnya kok kagak ada, hahahahahahha. Untungnya sempet ngeliat ada cyclist lagi pada istirahat di bawah jembatan. Ternyata boothnya ada di kolong jembatan, -__-

Dari Yangpyeong certification point ini kita lanjut ke kota Yangpyeong, sekitar 15 menitan gowes. Kotanya lumayan rame. Kayak Pasar Baru gitu city centre-nya. Banyak motel bertebaran disekitar situ. Berbekal info dari FB group, gue masuk ke salah satu motel yang keliatannya OK. Eh apes, sepeda nggak boleh masuk. Akhirnya kita muter-muter lagi dan nemu 1 motel yang ngijinin kita bawa masuk sepeda ke kamar. FYI ya, motel di kota-kota kecil ini banyakan berwujud ‘LOVE MOTEL’. Yes…’THAT’ love motel yang suka dipake jam-jam-an gitu, ahahahhahahahaha. Jadi ya rata-rata emang remang-remang motelnya. Trus kadang wallpapernya tacky gitu, :lol:. Tapi overall bersih, rapi dan lengkap amenitiesnya. Tentunya dapet kendikondo, segala macem wipes dan lotion, hahahhahahahahhaah. Apakah kita pake? YA KAGAK LAH!!! Ada juga oles-oles counterpain saking pegelnya nggowes, huahahahahahha.

Wallpapernya motif zebra cuuuuuuuuy, hhahahahahahahah.
Dikasih beginian sama receptionist. Isinya kendikondo, sikat gigi, odol, wipes, masker muka, lotion, cotton bud
Map lokasi tempat kita nginep di Yangpyeong

Setelah mandi dan cuci baju, kita keluar buat cari makan. Bener-bener mirip Pasar Baru deh jalanan deket motel kita ini. Banyak banget resto dan kios-kios jajanan. Makin malem juga makin rame orang yang dateng. Karena kita udah pegel banget, kita cuma liat-liat aja sebentar sekalian beli roti buat bekal besok, trus balik motel buat tidur.

DAY 1….accomplished!

Travel

4 Rivers Cycling – Incheon to Busan Day 1: Ara West Lock Certification Point – Seoul (45 km)

20.10.2019

It was Sunday.

Sesuai rencana, hari ini ditetapkan sebagai hari pertama kita sepedaan dari Incheon ke Busan. Karena posisi kita udah di Seoul, dan Incheon itu posisinya sebelom Seoul, jadi kita harus backtrack.

Setelah misa di Myeongdong Cathedral dan makan siang, kita pulang ke penginapan dan ngambil sepeda. Karena titik startnya sekitar 40 km dari Seoul, jadi kita mutusin untuk naik kereta aja kesana, daripada sepedaan bolak-balik 80 km *gak mau rugi, hahahahah*. Dari penginapan kita sepedaan dulu sekitar 3 km ke Seoul Station. Trus dari situ kita naik kereta Arex ke arah Incheon. Ini rada-rada ngebingungin juga sih karena ada yang bilang sepeda boleh dinaikin ke kereta, ada yang bilang gak boleh sama sekali. Ternyata pas gue cek ke counter, petugasnya bilang boleh dibawa naik kereta tapi cuma ke kereta Arex yang berhenti di setiap stasiun dan cuma boleh di gerbong pertama atau terakhir.

Dari Seoul Station ke Cheongna International City Station (yang terdekat dari titik start) itu sekitar 30-40 menit. Mayan juga berdiri megangin sepeda di kereta yang lagi jalan. Begitu turun, paha gue biru-biru bekas keteken frame sepeda T_T.

Begitu sampe Cheongna, kita langsung cek Naver Map buat nyari arah ke Ara Hangang. Sempet nyasar dikit karena ternyata di situ lagi banyak construction dan banyak jalan yang ditutup. Pas nyampe di Ara West Lock, stamp booth-nya ada, tapi kita nggak nemu kantor K-water. Setelah nanya-nanya pake bahasa tarzan dan google translate, akhirnya ketemu juga kantornya. Kita beli passport buat di stempel di sepanjang perjalanan. Harganya kalo nggak salah KRW 4000.

20191020_222256

img-20191020-wa0052

At the starting point, 21 km menuju certification booth berikutnya, 633 km menuju Busan :D, HWAITIIIIIIIIIIIIIIIIIING *oles counterpain*

img-20191020-wa0057

Ini certification boothnya. Bentuknya kayak box telepon umum warna merah. Di dalamnya ada stempel dan ink pad.

20191020_151642

Stempel pertama! Kalo udah ngelengkapin semua stempelnya, kita bisa redeem sertifikat di kantor K-water sebagai bukti kalo pantat kita pernah ledes diatas jok sepeda dari Incheon ke Busan, hahahahahhaah.

20191020_161300

Man-made waterfall di Sungai Han

Sepanjang jalan menuju Seoul sama sekali nggak ngebosenin. Karena itu hari Minggu, banyak banget orang yang jalan-jalan dan rekreasi di pinggir sungai. Kita juga sempet berhenti beberapa kali untuk foto-foto dan jajan. Menjelang sampai ke Seoul, kita sempet kebingungan nyariin certification booth yang ke 3. Kalo menurut map gue sih harusnya kita udah sampe disitu. Tapi kita muter-muter nyariin kok gak ketemu. Sampe akhirnya nemu papan ini….

20191020_183048

Dengan kesaktian google translate, akhirnya kita mudeng kalo ternyata certification boothnya dipindahin 3.8 km ke depan. ASYEM!!!

20191020_185803

Akhirnya ketemu juga! Mana udah gelap, tempatnya remang-remang dan boothnya ada di balik pepohona cobaaaaaak.

Setelah balik ke penginapan, kita langsung beresin kardus dan tas yang mau kita kirim ke Busan. Ternyata ada beberapa barang yang sebenernya gak kita butuhin dan belanjaan di Seoul yang cuma berat-beratin sepeda doang. Begitu kita sampe ke minimarketnya, taunya dia nggak bisa kirim box gede dooooooong. Gubraaaaaaaaaaak bener dah. Trus kita tanya kan, box-nya harusnya segimana? Kali bisa dipisah-pisah jadi beberapa box kan. Eh lah taunya box-nya segede 1 rim kertas A4 doang. YA MALIIIIIIIIIIH, NGEMENG KEK DARI KEMAREN PAS GUE NANYAAAAA! Untung mbaknya baik, jadi gue mesem-mesem kecut doang disitu.

Terpaksa deh besok pagi nunggu kantor pos buka baru kita lanjutin perjalanan kita.